Skip to content

Agar Tak Mendengkur Saat Tidur

November 11, 2012

Menurut penelitian, 45 persen orang dewasa mendengkur ketika tidur. Menurut spesialis yang menangani masalah mendengkur Daniel P. Slaughter, masalah tersebut bisa mengganggu sistem pernafasan selama tidur dan bisa meningkatkan penyebab penyakit jantung.

Mendengkur juga bisa menimbulkan masalah dalam pernikahan. Tentu saja itu bisa terjadi karena pasangan bisa merasa terganggu. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi mendengkur?

Berikut tips yang mungkin bisa membantu :

>> Mengganti Sarung Bantal
Alergi yang diakibatkan debu dan kotoran yang menempel di bantal bisa menyebabkan Anda mendengkur. Untuk itu, jagalah kebersihan bantal Anda dengan sering mengganti sarung bantal dan mencucinya secara rutin.

>> Mengubah Posisi Tidur
Tidur dengan posisi telentang membuat lidah dan langit-langit mulut bergerak ke dinding belakang tenggorokan sehingga menyebabkan bunyi dengkuran saat tidur. Untuk mencegahnya, Slaughter menyarankan agar Anda mengubah posisi tidur menjadi miring dan bisa dibantu dengan bantal yang panjangnya mencakup seluruh tubuh Anda.

Menurut ahli pengobatan masalah tidur, bola tenis yang ditaruh di belakang baju tidur Anda juga bisa membantu Anda agar tidak tidur telentang. Alternatif kedua adalah dengan mencoba tidur berbaring dengan posisi kepala ke atas (dagu diangkat). Cara tersebut bisa membuka jalan pernafasan dengan baik, namun posisi ini bisa menimbulkan rasa sakit di leher. Jika cara-cara tersebut tidak bisa membantu, konsultasikanlah kepada dokter.

>> Kurangi Berat Badan
Jika Anda mengalami kenaikan berat badan dan mulai mendengkur padahal sebelumnya tidak, mungkin itulah yang menyebabkan Anda mendengkur. Mengurangi berat badan menjadi solusi yang tepat. Kenaikan berat badan terutama di sekitar area leher membuat diameter tenggorokan jadi menyempit sehingga menimbulkan bunyi saat tidur.

>> Hindari Alkohol
Alkohol dan obat penenang bisa mengurangi kerja otot bagian belakang tenggorokan secara optimal sehingga menyebabkan seseorang mendengkur. Menurut Chokroverty, meminum alkohol empat atau lima jam sebelum tidur membuat dengkuran menjadi lebih keras dan orang yang biasanya tidak mendengkur akan mendengkur setelah meminum alkohol.

>> Cukup Tidur
Bekerja dalam waktu lama dan tidur dalam waktu yang singkat membuat Anda merasa kelelahan saat tidur dan akhirnya memicu mendengkur. Menurut Slaughter, saat Anda terlelap dengan rasa lelah, otot tubuh tidak bekerja secara baik sehingga menyebabkan dengkuran.

>> Mandi Hangat
Jika hidung tersumbat karena hawa dingin ataupun sedang flu, pergantian udara yang bergerak cepat bisa memicu dengkuran. Untuk mengatasinya, mandilah dengan air panas sebelum tidur dan bersihkanlah hidung.

>> Banyak Minum
Sekresi yang terjadi dalam hidung jadi mengental jika Anda kekurangan cairan tubuh dan bisa berakibat mendengkur. Menurut Institute of Medicine, wanita yang sehat harus meminum 11 gelas air per hari sedangkan pria disarankan meminum 16 gelas air per hari.

Iklan

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s