Skip to content

Anak Alergi Rentan Sakit Akibat Cuaca

November 11, 2012

Anak-anak yang mengidap alergi ternyata lebih rentan terkena penyakit akibat perubahan kondisi cuaca yang tidak menentu. Hal ini semakin diperparah dengan tinggi tingkat polusi udara di Indonesia.

Jadi artinya, hampir separuh anak-anak yang alergi tersebut memang pada kondisi yang mudah sakit, terutama di kondisi cuaca yang tak menentu seperti saat ini. Herbowo menjelaskan, salah satu alasan kenapa anak dengan alergi lebih mudah terserang penyakit adalah produksi lendir yang lebih banyak. Seperti diketahui, lendir merupakan media yang baik bagi kuman untuk hidup dan berkembang biak.

Jadi, satu-satunya jalan adalah bagaimana caranya supaya lendir itu tidak banyak keluar.Penyakit yang paling umum diderita anak dengan alergi adalah flu, infeksi saluran atas, dan diare. Anak dengan alergi, akan lebih mudah terserang diare karena saluran pencernaan mereka tidak terlalu baik, sehingga mudah ditembus kuman-kuman. Inilah alasan kenapa pemberian ASI eksklusif selama enam bulan sangat diperlukan.

Tujuannya untuk mengamankan usus biar matang, sehingga nanti mampu menghadapi alergen dan kuman-kuman. Ia juga menambahkan, pemberian makanan lain selain ASI pada bayi yang belum berusia enam bulan ternyata juga bisa membuat anak lebih mudah kena alergi.

Hal terpenting yang dibutuhkan untuk menangani anak dengan alergi adalah bukan dengan pemberian obat-obatan, melainkan lewat upaya pencegahan. Karena, hanya 10 persen anak alergi yang pada akhirnya membutuhkan obat-obatan. “90 persen anak alergi ternyata tidak membutuhkan obat. Mereka hanya butuh pencegahan.

Pencegahan yang terbaik adalah dengan memastikan lingkungan sekitar anak tetap bersih dan mengurangi hal-hal yang bisa mencetuskan alergi seperti asap, bulu dan debu. Misalnya, memastikan tidak ada asap rokok dirumah dan tidak membawa binatang peliharaan ke dalam rumah.

Iklan

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s