Skip to content

Berisiko Terkena Serangan Jantung Saat Usia Muda

Februari 11, 2013

Serangan jantung biasanya terjadi mendadak, penyebabnya pun bervariasi. Penyakit jantung kini tak lagi terjadi hanya kepada orang tua yang lanjut usia saja, tetapi juga kepada orang yang berusia muda.

Penyebab utama yang sering terdeteksi biasanya ialah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung, karena pembuluh darah yang mengalir tersumbat oleh lemak dan kolesterol, atau pun zat-zat kimia dari penggunaan obat yang berlebihan. Berikut tips agar jantung Anda selalu sehat:

– Faktor Risiko Masalah Jantung Pada Usia Muda
Salah satu faktor yang menyebabkan masalah jantung di usia muda ialah riwayat keluarga yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau disebut familial hyper-cholesterolemia. Kadar kolesterol tinggi terjadi akibat kurangnya berolahraga dan melakukan aktivitas fisik yang membuat tubuh mengeluarkan keringat.
Sering mengonsumsi makanan cepat saji (fast food) juga bisa berkontribusi terhadap perkembangan penyakit jantung di usia muda.

Jika Anda suka merokok, berhentilah mulai sekarang. Sebab merokok bisa merusak lapisan arteri dengan menimbun bahan lemak (ateroma) yang mempersempit arteri. Selain itu, stres juga bisa membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung. Ketika Anda stres, beberapa bahan kimia dalam tubuh menyebabkan tekanan darah melonjak, yang berakibat buruk bagi jantung.

– Indikator Masalah Jantung Pada Usia Muda
Jika Anda menemukan gejala seperti nyeri dada, gangguan pencernaan, mulas, detak jantung yang tidak teratur, selalu berkeringat, sesak nafas atau merasa adanya ketidaknyamanan pada bagian tubuh tertentu, jangan diabaikan. Segeralah periksakan diri ke dokter, untuk mencegah masalah jantung di kemudian hari.

– Pencegahan Penyakit Jantung
Masalah jantung pada usia muda harus segera ditindaklanjuti, agar tidak menjadi masalah besar di kemudian hari. Lakukanlah screening secara rutin untuk mendeteksi kesehatan jantung. Screening awal juga bisa membantu untuk mengontrol gula darah, kolesterol, dan tekanan darah Anda.

Untuk mengurangi risiko terserang penyakit jantung, berolahragalah dengan teratur, berhentilah merokok, dan jauhi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji dan alkohol.

Iklan

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s