Skip to content

Perbedaan Penyebab Asma dan Bronkhitis

April 8, 2014

Bronkitis dan asma merupakan masalah yang sama-sama berhubungan dengan sistem pernapasan. Kedua penyakit ini banyak sekali di derita orang di seluruh dunia.

Bronkitis adalah peradangan di saluran napas bagian bawah atau lebih dikenal dengan istilah bronkus. Peradangan tersebut menyebabkan penderitanya mengalami batuk terus menerus, dahak kental, dan sesak napas.

Peradangan pada bronkus bisa menyebar ke seluruh paru-paru dan disebut radang paru. Orang yang bekerja di bidang pertambangan batubara, peleburan logam, dan pekerjaan dengan paparan debu serta asap diketahui lebih rentan mengalami bronkitis.

Pemicu bronkitis antara lain karena merokok, paparan polusi udara yang terjadi terus menerus, atau debu. Partikel-partikel tersebut lah yang memicu peradangan pada bronkus. Penyebab lain penyakit ini adalah virus. Penyakit Gastrointestinal Reflux Disease (GERD) diketahui juga menjadi penyebab bronkitis.

Bronkitis dibedakan menjadi dua jenis yaitu:
– Bronkitis akut
Dapat terjadi kapan saja karena merokok, paparan polusi udara yang terjadi terus menerus, atau debu.
– Bronkitis kronik
Terjadi karena akumulasi partikel dalam jangka waktu yang panjang. Biasanya terjadi pada perokok yang telah merokok dalam waktu lama.

Asma merupakan kondisi yang ditandai oleh penyempitan dan pembengkakan saluran udara atau bronkial yang membawa udara dari dan ke paru-paru. Asma memicu kesulitan bernapas. Asma bersifat kronis sehingga membutuhkan pengobatan jangka panjang.

Asma terjadi karena hipersensitivitas saluran napas atau alergi. Penyebab pastinya belum diketahui, namun biasanya 90 persen disebabkan genetik, dan 10 persen lainnya induksi faktor eksternal, seperti merokok dan debu.

Asma bisa timbul jika ada pemicunya, misalnya udara dingin, debu, bulu binatan dan lain-lain yang mengakibatkan saluran nafas yang sensitif menjadi menyempit dan menyebabkan jalan keluar masuknya udara menjadi kurang lega. Orang dengan kadar vitamin D yang cukup, akan lebih baik dalam mengontrol asma.

Iklan

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: