Skip to content

Penyebab Tubuh Sering Lebam/Memar

April 29, 2014

Lebam dan memar pada tubuh merupakan reaksi yang wajar jika kulit terbentur sesuatu yang keras. Benturan bisa terjadi dalam keaddan terjaga maupun tidur. Kondisi tersebut bisa diperparah jika pembuluh darah kita tidak dalam kondisi yang bagus karena kondisi pembuluh darah bisa menurun sesuai dengan usia.

Jadi mungkin memang pembuluh darahnya jelek atau kurang bagus kondisinya. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami lebam dan memar di tubuh, antara lain posisi tidur (Jika seseorang tidak tidur dengan posisi yang baik, bisa saja ada pembuluh darah yang tertekan hingga pecah), kondisi pembuluh darah yang tipis, kekurangan trombosit dan gangguan pada pembekuan darah (kelainan pada plasma).

Bentuk lebam dan memar berbeda-beda tergantung penyebab. Kalau kurang trombosit lebam biasanya kecil-kecil warnanya kemerahan seperti demam berdarah.

Untuk orang tua di atas 50 biasanya lebih mudah mengalami lebam dan memar. Karena pembuluh darahnya yang memang sudah tipis akibat faktor usia. Pembuluh darah yang lebih akan membuatnya lebih rentan terhadap benturan. Bahkan menurut dr Ronald, pada kasus tertentu, ditekan pun pembuluh darah tersebut bisa pecah. Namun menurutnya hal tersebut berbeda-beda pada setiap orang.

Jadi ada yang baru usia 45 atau 50 namun tubuhnya sudah seperti 80 tahun. Ada juga yang 60 tahun tapi kondisinya masih kuat seperti 45 tahun. Faktor pembeda tersebut terletak pada apakah kebutuhan mineral yang dibutuhkan tubuh terpenuhi atau tidak. Sehingga, bisa saja faktor usia tidak berpengaruh jika kebutuhan mineralnya terpenuhi.

Mineral yang harus tercukupi agar tubuh tidak mudah lebam dan memar adalah zat besi, kalsium dan vitamin C. Kekurangan zat besi diketahui membuat lemas, atau anemia. Namun, kekurangan zat besi juga membuat tubuh jadi lebih mudah lebam dan memar.

Lebam atau memar bisa terjadi tidak hanya ketika tidur, benturan juga bisa terjadi ketika seseorang dalam keadaan terjaga atau saat beraktivitas.

Iklan

From → Uncategorized

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: