Skip to content

Bahaya Merokok

Mei 16, 2014

Rokok merupakan produk yang berbahaya dan menimbulkan ketergantungan. Di dalam rokok terdapat 4000 bahan kimia berbahaya yang 69 diantaranya merupakan zat karsinogenik (dapat menimbulkan kanker).

Zat yang terkandung dalam merokok antara lain:

– Nikotin
Zat ini mengandung candu bisa menyebabkan seseorang ketagihan untuk trus menghisap rokok. Nikotin juga bisa menyebabkan kecanduan atau ketergantungan yang merusak jaringan otak, menyebabkan darah cepat membeku dan mengeraskan dinding arteri.

– Tar
Tar merupakan bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker. Tar bisa membunuh sel dalam saluran darah, meningkatkan produksi lendir diparu-paru dan menyebabkan kanker paru-paru.

– Karbon Monoksida
Gas yang bisa menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh. Pada tubuh manusia karbon monoksida mampu mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen.

– Zat Karsinogen
Karsinogen bisa memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh

– Zat Iritan
iritan dapat mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru serta bisa Menyebabkan batuk.

Akibat negatif merokok menyebabkan berbagai penyakit diantaranya:
– Kanker Paru-Paru
Diketahui sekitar 90 persen kasus kanker paru diakibatkan oleh rokok. Zat dari asap rokok akan merangsang sel di paru-paru menjadi tumbuh dengan tidak normal. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru.

– Kanker Payudara
Bahaya Merokok bagi wanita sendiri sangat negatif karena bisa mengakibatkan kanker payudara.

– Penyakit Jantung
Jika merokok jantung akan bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah karena asap rokok mengandung nikotin. Kandungan karbon monoksida yang ada pada asap rokok juga bisa membuat jantung memompa darah lebih banyak lagi, sehingaa akan menyebabkan serangan jantung. Bahkan sebagian besat akan berdampak pada penyakit jantung koroner dan juga diabetes melitus.

– Kanker Kerongkongan
Sekitar 80 persen kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok. Asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan.

– Impotensi
Rokok bisa merusak pembuluh darah, dan nikotin yang ada pada rokok bisa mempersempit arteri hingga akiran darah terganggu. Jika seseorang sudah mengalami masalah impotensi maka hal tersebut bisa menjadi peringatan dini karena rokok juga bisa merusak organ lain dalam tubuh. Merokok ternyata bisa meningkatkan disfungsi ereksi sekitar 50%.

– Aterosklerosis
Nikotin dalam asap rokok bisa mempercepat penyumbatan arteri yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak. Hal ini akan menimbulkan terjadinya jaringan parut dan penebalan arteri yang menyebabkan arterosklerosis.

Selain berbagai penyakit diatas, masih banyak lagi dampak negatf atau berbagai gangguan kesehatan yang muncul akibat merokok. Dampak tersebut bukan hanya bisa mengenai perokok aktof namun juga orang-orang di sekelilingnya.

Iklan

From → Uncategorized

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: